Android Instant, Akses Aplikasi Android Tanpa Install

Advertisement
advertisement
Di ajang Google I/O pada Rabu kemarin, Google melakukan preview terhadap fitur baru mereka yang nantinya akan memudahkan pengguna untuk akses aplikasi Android tanpa harus menginstalnya.

android instant apps

Saat ini terdapat jutaan aplikasi Android akan tetapi mayoritas pengguna tidak mau menginstal salahsatu dari aplikasi tersebut jika mereka menggunakannya hanya sesekali. 

Sebagai solusinya, akan hadir Android Instant. Fitur ini pada dasarnya akan memudahkan pengguna untuk melakukan 'stream' aplikasi melalui 'cloud' dan mengunduh bagian-bagian aplikasi mana saja yang memang diperlukan.

Sebenarnya, fitur ini sangat mirip dengan teknologi streaming aplikasi yang Google sematkan pada aplikasi Android tahun lalu.

Fitur ini akan sangat membantu terutama bagi pengguna smartphone/tablet Android dengan memori internal yang terbatas. Android Instant akan memilah-milah sebuah aplikasi menjadi beberapa modul. Google Play kemudian akan memilih bagian-bagian aplikasi mana saja yang akan diunduh dan yang dapat di-stream via web hanya dengan satu kali sentuhan pada tombol. 

Dengan kata lain, para pengguna nantinya dapat meng-klik ikon aplikasi dan menggunakannya, sama seperti ketika membuka atau mengunjungi sebuah situs online.

Para pengembang aplikasi dapat melakukan update pada beberapa aplikasi mereka untuk bisa kompatibel dengan Android Instant dan pengguna bisa mengakses aplikasi-aplikasi instan yang ada di Google Play. 

Kabar baiknya lagi, fitur Android Instan ini kompatibel dengan versi sistem operasi Android yang terdahulu yakni v.4.1 (Jellybean). Google dikabarkan akan segera mengerjakan fitur ini bersama dengan para pengembang yang terpilih akhir tahun ini. (mashable)

Advertisement
advertisement
Android Instant, Akses Aplikasi Android Tanpa Install | Imam Sulaeman | 5

0 komentar: